Image1

Jumat, 12 Februari 2010

0 Ketika BlackBerry Mulai Rewel

Kendala mengoperasikan perangkat tentu saja dapat muncul.Ini berlaku untuk semua perangkat,tak terkecuali telepon pintar nan canggih sekelas BlackBerry (BB).Buat para pengguna baru tentu hal ini sangat memusingkan plus merepotkan,karena harus bolak-balik ke seervice centre untuk mengatasi kerewelan perangkat ini.

Jika masalahnya tak terlalu besar,seperti tidak menyangkut kerusakan hardware,coba saja atasi dengan mandiri.Untuk membantu anda,ada beberapa tiips troubleshooting yang harus dijadikan pegangan untuk mengatasi kendala itu.Nah,salah satu kerewelan BB adalah hilangnya data-data sms,e-mail,sampai histori chat.

Solusinya : kemungkinan hal ini dikarenakan oleh "Hantu Pemakan E-mail",ini hanya istilah saja dikalangan pengguna BB.Kondisi sebenarnya adalah data yang masuk tersimpan di memori virtual,bukan dalam fixed memory  hilang tiba-tiba.Ini sebenarnya mekanisme otomatis yang dilakukan oleh perangkat dalam memperlonggar ruang simpan memori secara otomatis.Seiring dengan banyaknya e-mail  dan sms yang diterima,hingga seringkali chat dilakukan,maka ruang memori virtual berkurang.

Status memori virtual ini bisa dilihat di Options > Status.Dimenu ini,lihatlah informasi di kolom "file free".Angka di kolom file free itu terus berkurang seiring pemakaian.Nah,bila angka itu mencapai angka 0,maka mekanisme penghapusan data otomatis atau hantu pemakan e-mail akan bekerja.Ini berguna agar pesan baru yang muncul tetap bisa masuk.

Sebagai solusinya,pastikan ada ruang memori lebih di perangkat Anda.Ada beberapa cara mengatasinya.Pertama,Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai.Untuk melihat daftar aplikasi,masuk ke Options > Advance Options > Applications.Untuk menghapus tekan tombol BlackBerry ,lalu pilih Delete.

langkah berikutnya bisa dengan durasi simpan e-mail.Pada dasarnya lamanya e-mail tersimpan di Inbox BlackBerry bisa diatur.Masuk ke [Messages] lalu tekan tombol menu [BlackBerry] > [Options] > [General Options].Pada menu "keep messages",ubah durasi simpan ke yang terendah,yaitu [15 Day's].

Hapus log aktivitas atau browsing juga bisa mengurangi kepadatan memori.Untu melakukanya,pada layar utama ,tekan-tahan [ALT],lalu tekan secara berurutan [L] > [G] > [L] > [G],lalu tekan tombol menu [BlackBerry] > [Clear Log].Jangan lupa untuk sering menghapus data percakpan di aplikasi chat,apabila sudah selesai digunakan.

*Jika Anda terbantu dengan adanya artikel ini,tolong berikan comment anda................

Lebih Baik Disini Rumah Kita Sendiri



Artikel yang berkaitan





0 komentar:

Feeds Comments